Review MacBook Pro Retina 11.1

MacBook Pro merupakan perangkat notebook yang dihadirkan Apple pertama kali pada tahun bulan Januari 2006 lalu. Perangkat ini diluncurkan untuk menggantikan model PowerBook G4, sekaligus sebagai model kedua yang dirilis setelah iMac. MacBook Pro sendiri mengusung teknologi paling mutakhir dalam seri MacBook besutan perusahaan teknologi asal Paman Sam tersebut.



Dalam perjalanannya, MacBook Pro telah hadir dalam berbagai varian. Secara garis besar, perangkat ini dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu model yang membawa layar standar dan varian yang mengusung Retina display. Nah, salah satu varian MacBook Pro yang telah dibekali dengan layar Retina adalah varian MacBook Pro Retina 11.1 yang dirilis pada akhir tahun 2013, atau lebih populer dengan sebutan MacBook Pro Retina Late 2013.

Perangkat dengan kode ME864 ini membawa desain elegan yang menampilkan presisi casing unibody crafted dari satu blok material aluminium. Desain perangkat sendiri tipis dan ringan dibandingkan generasi sebelumnya, namun tetap lebih kuat dan lebih tahan lama. Apple juga melengkapi MacBook Pro Retina 11.1 dengan layar berukuran 13,3 inch dengan resolusi 2560 x 1600 plus lampu berteknologi LED sehingga dapat menampilkan gambar dan grafis yang terang.

Salah satu keunggulan MacBook Pro Retina 11.1 adalah teknologi multi-touch yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari hampir setiap produk Apple. Teknologi ini merupakan cara terbaik dan paling pribadi untuk berinteraksi dengan perangkat Anda. Dan, cara yang optimal untuk menggunakan multi-touch adalah melalui trackpad. Trackpad pada MacBook Pro Retina 11.1 sendiri telah dirancang sangat luas, terbuat dari lapisan glass tanpa tombol. Dengan multi-touch gestures, Anda bisa berinteraksi dengan MacBook Pro dengan cara yang lebih intuitif dan responsif dari sebelumnya.

Di samping itu, teknologi baru Thunderbolt yang ada pada perangkat ini memungkinkan pengguna untuk mentransfer data melalui port dengan kecepatan sangat tinggi, bahkan hingga 10G bps atau dua kali lebih baik dari USB 3.0. Thunderbolt juga dapat dikoneksikan melalui Mini Display Port, yang memungkinkan Anda untuk melakukan transfer file video dengan performa tinggi, dan tampilan beresolusi tinggi menggunakan DisplayPort, DVI, HDMI, atau koneksi VGA dengan adaptor yang tersedia.

Di bagian jantung pacu, Apple membekali MacBook Pro Retina 11.1 dengan prosesor Intel Core i5 Haswell berkecepatan 2,4 GHz yang bisa ditingkatkan hingga 2,9 GHz melalui Turbo Boost. Untuk mendukung performa, tidak lupa ditanamkan RAM dengan kapasitas 4 GB atau 8 GB. Berikut spesifikasi teknis MacBook Pro Retina 11.1.

Dimensi1,8 x 31,4 x 21,9 cm
Berat1,57 kg
ProsesorIntel Core i5 Haswell 2,4 GHz
RAM4 GB – 8 GB
Layar13,3 inch Retina, LED-backlit, IPS technology
Ruang PenyimpananSSD 128 GB, 256 GB, 512 GB
GrafisIntel Iris Graphics
KameraFaceTime HD camera
KonektivitasWireless 802.11 a/c, Bluetooth 4.0
PortMagSafe, 2x ThunderBolt, 2x USB 3.0, HDMI, headphone, SDXC card slot
Sistem OperasiOS X Mavericks

Di situs jual beli online di Indonesia, produk baru perangkat ini ditawarkan dengan harga mulai Rp19,9 juta. Sementara, produk bekas MacBook Pro Retina 11.1 dipasarkan dengan harga mulai Rp11,5 juta, tergantung kondisi barang.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review TOSHIBA SATELITE C840

Review DELL LATITUDE E6410

Review HP PROBOOK 4230s